Rencana pelaksanaan pembelajaran terbaru


Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan suatu pekerjaan rutinitas yang wajib dikerjakan oleh setiap guru. Rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang sering disingkat rpp ini adalah tonggak bagi keberhasilan guru dalam mengajar di kelas. Tentunya selain rpp guru juga harus memiliki kompetensi pedagogis sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) guru.
Setiap harinya seorang guru harus menyusun rpp pada setiap mata pelajaran yang akan ia ajarkan pada peserta didik. Sebab ketika guru mengajar dengan tidak menyusun rpp, maka proses pembelajaan yang berlangsung di dalam kelas tidak akan berhasil. Seperti tidak adanya batas pelajaran sehingga materi yang diajarkan tidak sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang diinginkan atau siswa tidak dapat memahami apa yang diajarkan guru karena metode mengajar guru kurang sesuai dengan materi yang diajarkan.
Rpp disusun bukan dengan asal-asalan akan tetapi ada pedoman dan tata cara pembuatannya. Berikut ini adalah urutan cara pembuatan rpp :
1.       Membuat silabus setiap mata pelajaran dengan berpedoman pada standar isi dan standar proses seuai dengan kurikulum yang dilaksanakan oleh sekolah masing-masing.
2.       Dari silabus kemudian dijabarkan pada analisis program pengajaran
3.       Setelah program pengajaran dan batas waktu dan materi telah ditentukan maka guru harus menyusun program tahunan.
4.       Program tahunan kemudian dijelaskan lagi pada program semester.
5.       Dengan berpedoman pada program semester guru baru dapat membuat rencana pelaksanaan pembelajaran.
Setelah mengetahui prosedur pembuatan rpp, maka sselanjutnya kita akan membahas komponen-komponen yang ada dalam rpp. Berkut ini adalah beberapa kompponen yang harus masuk pada rpp diantaranya adalah :
1.       Identitas diri sekolah
Identitas diri sekolah terdiri dari :
-          Nama sekolah
-          Mata pelajaran
-          Kelas
-          Semester
-          Pokok bahasan
-          Subpokok bahasan
-          Alokasi waktu

2.       Standar kompetensi
3.       Kompetensi dasar
4.       Indikator pencapaian kompetensi
5.       Tujuan pembelajaran
6.       Metode pembelajaran
7.       Media pembelajaran
8.       Langkah-langkah pembelajaran
Pada langkah-langkah pembelajaran terdiri dari tiga bagian yaitu:
-          Pendahuluan
Langkah pembelajaran pendahuluan adalah langkah pembelajaran awal ketika guru memasuki ruangan kelas diantaranya adalah :
a.       mengkondisikan siswa
b.      berdo’a
c.       mengecek absensi kehadiran siswa
d.      melakukan tanya jawab materi yang sebelumnya diajarkan
e.      apersepsi materi awal
f.        menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan diperoleh dari proses pembelajaran yang akan dilakukan.

-          Inti
Langkah pembelajaran inti adalah langkah pembelajaran yang sesungguhnya. Dalam langkah pembelajaran inti terbagi menjadi tiga sesi yaitu :
a.       Eksplorasi
b.      Elaborasi
c.       Konfirmasi

-          Penutup
Langkah pembelajaran penutup adalah langkah pembelajaran akhir setelah proses pembelajaran belangsung. Disinlah peran guru yang menentukan apakah pembelajaran ini telah selesai. Langkah pembelajaran ini terdiri dari :
a.       Menyimpulkan materi ajar
b.      Penugasan.
Penugasan terdiri dari dua macam yaitu penugasan terstruktur dan penugasan tidak terstruktur.

9.       Rangkuman materi ajar
10.   Soal latihan
11.   Kunci jawaban
12.   Lembar penilaian
Teman-teman guru di indonesia, peraturan pembuatan rpp sekarang ini harus sudah memasukkan delapan belas karakter kebangsaan.
Karakter kebangsaan terdiri dari delapan belas karakter yaitu :
1.       Religius : Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan selalu hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

2. Jujur : Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan.

3. Toleransi : Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.

4. Disiplin : Tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

5. Kerja Keras : Perilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.

6. Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.

7. Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.

8. Demokratis : Cara berpikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

9. Rasa Ingin Tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar.

10. Semangat Kebangsaan : Cara berpikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dan kelompoknya.

11. Cinta Tanah Air : Cara berpikir, bersikap dan berbuat yang menunjukan rasa kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.

12. Menghargai Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

13. Bersahabat/Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.

14. Cinta Damai : Sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.

15. Gemar membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.

16. Peduli Lingkungan : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

17. Peduli Sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.

18. Tanggung-Jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
Pada artikl berikutnya kami akan memberikan contoh rpp berkarater kebangsaan dan mencakup tiga aspek langkah pembelajaran (eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar