Rencana pelaksanaan
pembelajaran merupakan suatu pekerjaan rutinitas yang wajib dikerjakan oleh
setiap guru. Rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang sering disingkat rpp
ini adalah tonggak bagi keberhasilan guru dalam mengajar di kelas. Tentunya selain
rpp guru juga harus memiliki kompetensi pedagogis sesuai tugas pokok dan fungsi
(tupoksi) guru.
Setiap harinya
seorang guru harus menyusun rpp pada setiap mata pelajaran yang akan ia ajarkan
pada peserta didik. Sebab ketika guru mengajar dengan tidak menyusun rpp, maka
proses pembelajaan yang berlangsung di dalam kelas tidak akan berhasil. Seperti
tidak adanya batas pelajaran sehingga materi yang diajarkan tidak sesuai dengan
standar kompetensi dan kompetensi dasar yang diinginkan atau siswa tidak dapat
memahami apa yang diajarkan guru karena metode mengajar guru kurang sesuai
dengan materi yang diajarkan.
Rpp disusun
bukan dengan asal-asalan akan tetapi ada pedoman dan tata cara pembuatannya. Berikut
ini adalah urutan cara pembuatan rpp :
1.
Membuat
silabus setiap mata pelajaran dengan berpedoman pada standar isi dan standar
proses seuai dengan kurikulum yang dilaksanakan oleh sekolah masing-masing.
2.
Dari
silabus kemudian dijabarkan pada analisis program pengajaran
3.
Setelah
program pengajaran dan batas waktu dan materi telah ditentukan maka guru harus menyusun
program tahunan.
4.
Program
tahunan kemudian dijelaskan lagi pada program semester.
5.
Dengan
berpedoman pada program semester guru baru dapat membuat rencana pelaksanaan
pembelajaran.
Setelah mengetahui prosedur pembuatan rpp, maka
sselanjutnya kita akan membahas komponen-komponen yang ada dalam rpp. Berkut ini
adalah beberapa kompponen yang harus masuk pada rpp diantaranya adalah :
1.
Identitas
diri sekolah
Identitas diri sekolah terdiri dari :
-
Nama
sekolah
-
Mata
pelajaran
-
Kelas
-
Semester
-
Pokok
bahasan
-
Subpokok
bahasan
-
Alokasi
waktu
2.
Standar
kompetensi
3.
Kompetensi
dasar
4.
Indikator
pencapaian kompetensi
5.
Tujuan
pembelajaran
6.
Metode
pembelajaran
7.
Media
pembelajaran
8.
Langkah-langkah
pembelajaran
Pada langkah-langkah pembelajaran terdiri dari tiga bagian yaitu:
-
Pendahuluan
Langkah pembelajaran
pendahuluan adalah langkah pembelajaran awal ketika guru memasuki ruangan kelas
diantaranya adalah :
a.
mengkondisikan
siswa
b.
berdo’a
c.
mengecek
absensi kehadiran siswa
d.
melakukan
tanya jawab materi yang sebelumnya diajarkan
e.
apersepsi
materi awal
f.
menginformasikan
tujuan pembelajaran yang akan diperoleh dari proses pembelajaran yang akan
dilakukan.
-
Inti
Langkah pembelajaran inti
adalah langkah pembelajaran yang sesungguhnya. Dalam langkah pembelajaran inti
terbagi menjadi tiga sesi yaitu :
a.
Eksplorasi
b.
Elaborasi
c.
Konfirmasi
-
Penutup
Langkah pembelajaran
penutup adalah langkah pembelajaran akhir setelah proses pembelajaran
belangsung. Disinlah peran guru yang menentukan apakah pembelajaran ini telah
selesai. Langkah pembelajaran ini terdiri dari :
a.
Menyimpulkan
materi ajar
b.
Penugasan.
Penugasan terdiri dari dua
macam yaitu penugasan terstruktur dan penugasan tidak terstruktur.
9.
Rangkuman
materi ajar
10.
Soal
latihan
11.
Kunci
jawaban
12.
Lembar
penilaian
Teman-teman guru di indonesia, peraturan pembuatan rpp
sekarang ini harus sudah memasukkan delapan belas karakter kebangsaan.
Karakter kebangsaan terdiri dari delapan belas karakter
yaitu :
1.
Religius : Sikap dan perilaku yang patuh dalam
melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah
agama lain, dan selalu hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2. Jujur : Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan.
3. Toleransi : Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4. Disiplin : Tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5. Kerja Keras : Perilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6. Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
7. Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8. Demokratis : Cara berpikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9. Rasa Ingin Tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar.
10. Semangat Kebangsaan : Cara berpikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dan kelompoknya.
11. Cinta Tanah Air : Cara berpikir, bersikap dan berbuat yang menunjukan rasa kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
12. Menghargai Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13. Bersahabat/Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14. Cinta Damai : Sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15. Gemar membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16. Peduli Lingkungan : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17. Peduli Sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18. Tanggung-Jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
2. Jujur : Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan.
3. Toleransi : Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4. Disiplin : Tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5. Kerja Keras : Perilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6. Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
7. Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8. Demokratis : Cara berpikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9. Rasa Ingin Tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar.
10. Semangat Kebangsaan : Cara berpikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dan kelompoknya.
11. Cinta Tanah Air : Cara berpikir, bersikap dan berbuat yang menunjukan rasa kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
12. Menghargai Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13. Bersahabat/Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14. Cinta Damai : Sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15. Gemar membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16. Peduli Lingkungan : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17. Peduli Sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18. Tanggung-Jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
Pada artikl berikutnya kami akan memberikan contoh rpp
berkarater kebangsaan dan mencakup tiga aspek langkah pembelajaran (eksplorasi,
elaborasi dan konfirmasi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar