Pendekatan scientific kurikulum 2013

Pendekatan scientific kurikulum 2013

Pendekatan scientific kurikulum 2013

Contoh penerapan pendekatan scientific kurikulum 2013 mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti 

Ada lima pendekatan scientific yang dilakukan yaitu mengamati, menanya, mengeksplorasi, dan mengkomunikasikan. Kelima pendekatan ini harus dilakukan di setiap pembelajaran sehingga tujuan dari pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal.

1. mengamati

Melihat, Membaca, Mendengar, Mencermati, Memperhatikan tayangan, Menyimak (Tanpa dan dengan Alat)

Contoh:
Peserta didik memperhatikan tayangan /mencermati
pelafalan huruf hijaiyah

 2.Menanya, Memberi umpan balik, Mengungkapkan,

 Dialog mendalam secara klasikal untuk mengungkap bagaimana melafalkan huruf hijaiyah berdasarkan hasil pengamatan terhadap tutor/tayangan video.

contoh :
Melakukan tanya jawab tentang pelafalan huruf hijaiyah yang berkaitan dengan:
Bagaimana melafalkan huruf yang mudah diucapkan?
Bagaimana cara melafalkan huruf yang makhrajnya berdekatan?
Bagaimana cara melafalkan huruf hijaiyah dengan harakatnya?

3.Eksplorasi

Berpikir kritis, Mendiskusikan, Mengeksperimen

contoh;
Peserta didik melakukan kegiatan :
Melafalkan huruf hijaiyah secara berulang sampai pengucapannya benar secara individu,kelompok maupun klasikal,
Melafalkan huruf hijaiyah berharakat secara berulang sampai pengucapannya benar secara individu,kelompok maupun klasikal,
Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah secara berulang sampai pengucapannya benar, baik secara individu, kelompok maupun klasikal.

4. Mengasosiasi

Menghubungkan dengan materi lain, membuat rumusan

contoh :
Menentukan karakteristik pelafalan huruf hijaiyah dan harakatnya
Mengidentifikasi huruf hijaiyah dari tingkat yang paling mudah dan sukar
Membuat klasifikasi pelafalan huruf-huruf hijaiyah

5. Mempresentasikan, Mendialogkan, Menyimpulkan

Menirukan (bisa di eksplorasi) pelafalan huruf per-huruf sesuai makhraj, secara klasikal, kelompok maupun individual

contoh :
Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah dengan baik dan benar
Mengevaluasi demonstrasi pelafalan huruf hijaiyah
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Setelah memahami kelima pendekatan ini kemudian anda bisa merancangnya dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tentunya disesuaikan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang telah tercantum dalam silabus kurikulum 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar