Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran - adalah metode yang diperlukan oleh guru dan penggunaannya bervariasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai setelah proses kegiatan belajar mengajar berakhir. Seorang guru tidak akan dapat melaksanakan tugasnya jika tidak menguasai satu pun metode pembelajaran yang telah dirumuskan dan dikemukakan oleh para ahli psikologi dan pendidikan.

Macam-macam metode pembelajaran:

1. Metode Proyek
Metode proyek atau unit adalah cara penyajian pelajaran yang bertitik tolak dari suatu masalah, kemudian dibahas dari berbagai segi yang berhubungan sehingga pemecahannya secara keseluruhan dan bermakna.


2. Metode Eksperimen
Metode eksperimen adalah cara penyajian pelajaran, dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari.

3. Metode resitasi dan penugasan
Metode resitasi dan penugasan adalah metode penyajian bahan di mana guru meberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar mengajar.

4. Metode Diskusi
Metode diskusi adalah cara penyajian pelajaran, dimana siswa-siswa dihadapkan pada suatu masalah yang bisa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat probleatis untuk dibahas dan dipecahkan bersama.


5. Metode Sosiodrama dan Role Playing
 Metode Sosiodrama dan Role Playing dapat dikatan sama artinya,dan dalam pemakaiannya sering disilihgantikan. Sosiodrama pada dasarnya mendraatisasikan tingkah laku dalam hubungannya dengan masalah awal.

6. Metode Demonstrasi
Metode Deonstrasi adalah cara penyajian bahan pelajaran dengan meragakan atau mepertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajai, baik sebenarnya ataupun tiruan,yang disertai dengan penjelasan lisan.


7. Metode Problem Solving
Metode problem solving bukan hanya sekedar metode pembelajaran,tetapijuga merupakan suatu metode berpikir,sebab dalam problem solving dapat menggunakan metode-metode lainnya yang dimulai dengan mencari data sampai kepada menarik kesimpulan.

8. Metode Karya wisata
Metode karyawisata adalah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajar siswa ke suatu tempat atau objek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu.

9. Metode Tanya Jawab
 Metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab,terutama dari guru kepada siswa ataupun sebaliknya. Metode ini adalah metode tertua dan paling banyak digunakan dalam proses pendidikan.

10. Metode Latihan/Training
 Metode ini merupakan suatu cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu juga sebagai sarana untuk memelihara kebiasaan-kebiasaan yang baik. Selainitu,juga dapat digunakan untuk memperolah suatu ketangkasan,ketepatan,kesempatan dan ketrampilan.

11. Metode Ceramah
Metode ceramah adalah metode yang boleh dikatakan metode tradisional, sejak dulu metode ini telah digunakan sebagai alat komunikasi lisan antara guru dengan anak didik dalam proses belajar mengajar.  


Metode Pembelajaran

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar