Evaluasi Pembelajaran - secara umum evaluasi pembelajaran adalah penilaian/penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan peserta didik ke arah tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dalam hukum. Hasil penilaian ini dapat dinyataka secara kuantitatif maupu kualitatif.
Dari pengertian tersebut di atas tujuan evaluasi pengajaran antara lain adalah untuk mendapatka data pembuktian yang akan mengukur sampai dimana tingkat kemampuan dan keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan kurikuler.
Dengan demikian evaluasi menempati posisi penting dalam proses belajar mengajar, karena dengan adanya evaluasi pengajaran ini, keberhasilan pengajaran tersebut dapat diketahui.
Fungsi Evaluasi
Secara garis besar dalam proses belajar mengajar, evaluasi memiliki fungsi pokok sebagai berikut :
a. Untuk mengukur keajuan dan perkembanga peserta didik setelah melakukan kegiatan belajar mengajar selama jangka waktu tertentu.
b. Untuk mengukur sampai diana keberhasilan sistem pegajaran yang digunakan.
c. Sebagai bahan pertimbangan dalam rangka melakuka perbaikan proses belajar mengajar.
Selain itu hasil evaluasi pengajaran juga dapat digunakan untuk :
a. Bahan pertimbangan bagi bibingan individual peserta didik.
b. Membuat diagnosis mengenal kelemahan-kelemahan dan kemampuan peserta didik.
c. Bahan pertimbangan bagi perubahan atau perbaikan kurikulum.
Alat Evaluasi
Alat untuk mengadakan evaluasi pembelajaran pada dasarnya dibagi dalam dua kelompok yaitu tes dan non tes.
Tes hasil belajar
Tes hasil belajar adalah tes yag digunaka untuk menilai hasil-hasil pelajaran yang telah diberikan oleh guru kepada peserta didiknya, dalam jangka waktu tertentu.
Bentuk tes yang seering dipakai dalam proses belajar mengajar pada hakikatnya dikelompokkan enjadi tiga kelompok yaitu :
a. Tes Lisan
b. Tes Tertulis
c. Tes Perbuatan atau tindakan
Bentuk tes tertulis secara umum terbagi enjadi dua kelompok yaitu :
a. Tes Essay
b. Tes Obyektif
Langkah-lagkah menyusun tes
Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam menyusun tes hasil belajar adalah sebagai berikut :
a. Menentukan dan meruuskan tujuan tes
b. Mengidentifikasi hasil belajar yang akan diukur dengan tes tersebut.
c. enentukan hasil belajar yang spesifik, yang sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi yang tertera pada silabus dan RPP
d. Merinci bahan pelajaran yang akan diukur dengan tes itu
e. Menyiapkan tabel spesifikasi sebagai pedoan dala membuat soal-soal dalam penyusunan tes.
Evaluasi Pembelajaran
Home » Evaluasi Pembelajaran » Evaluasi Pembelajaran
Label
Administrasi Guru
bahan ajar
Bank Soal
Buku Sekolah Elektronik
Calon peserta sertifikasi 2013
Cara Pembuatan RPP
Contoh PTK
Daftar peserta PLPG
Download Soal UKA
Hasil PLPG
Identifikasi Masalah PTK
Info pendidikan
Judul PTK
kalender pendidikan
kisi-kisi UKG 2013
Kisi-kisi UN Terbaru
kurikulum 2013
Materi UKG
OSN
Pengumuman Hasil PLPG
Pengumuman Ujian PPG
Peserta UKA
PLPG
PPG
Prediksi Soal UKG 2013
Proposal PTK
PTK
rpp
Sertifikasi Guru 2013
silabus
silabus kurikulum 2013
Silabus PKN
Soal SNMPTN
Soal UAS
Soal UKG
Tes SBMPTN 2013
UASBN
Ujian Nasional
UKA
UKG
UKG 2013
UKG Online 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar