Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi Pembelajaran - secara umum evaluasi pembelajaran adalah penilaian/penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan peserta didik ke arah tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dalam hukum. Hasil penilaian ini dapat dinyataka secara kuantitatif maupu kualitatif.

Dari pengertian tersebut di atas tujuan evaluasi pengajaran antara lain adalah untuk mendapatka data pembuktian yang akan mengukur sampai dimana tingkat kemampuan dan keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan kurikuler.

Dengan demikian evaluasi menempati posisi penting dalam proses belajar mengajar, karena dengan adanya evaluasi pengajaran ini, keberhasilan pengajaran tersebut dapat diketahui.

Fungsi Evaluasi

Secara garis besar dalam proses belajar  mengajar, evaluasi memiliki fungsi pokok sebagai berikut :

a. Untuk mengukur keajuan dan perkembanga peserta didik setelah melakukan kegiatan belajar mengajar selama jangka waktu tertentu.
b. Untuk mengukur sampai diana keberhasilan sistem pegajaran yang digunakan.
c. Sebagai bahan pertimbangan dalam rangka melakuka perbaikan proses belajar mengajar.

Selain itu hasil evaluasi pengajaran juga dapat digunakan untuk :
a. Bahan pertimbangan bagi bibingan individual peserta didik.
b. Membuat diagnosis mengenal kelemahan-kelemahan dan kemampuan peserta didik.
c. Bahan pertimbangan bagi perubahan atau perbaikan kurikulum.

Alat Evaluasi

Alat untuk mengadakan evaluasi pembelajaran pada dasarnya dibagi dalam dua kelompok yaitu tes dan non tes.

Tes hasil belajar

Tes hasil belajar adalah tes yag digunaka untuk menilai hasil-hasil pelajaran yang telah diberikan oleh guru kepada peserta didiknya, dalam jangka waktu tertentu.

Bentuk tes yang seering dipakai dalam proses belajar mengajar pada hakikatnya dikelompokkan enjadi tiga kelompok yaitu :
a. Tes Lisan
b. Tes Tertulis
c. Tes Perbuatan atau tindakan

Bentuk tes tertulis secara  umum terbagi enjadi dua kelompok yaitu :
a. Tes Essay
b. Tes Obyektif

Langkah-lagkah menyusun tes

Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam menyusun tes hasil belajar adalah sebagai berikut :
a. Menentukan dan meruuskan tujuan tes
b. Mengidentifikasi hasil belajar yang akan diukur dengan tes tersebut.
c. enentukan hasil belajar yang spesifik, yang sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi yang tertera pada silabus dan RPP
d. Merinci bahan pelajaran yang akan diukur dengan tes itu
e. Menyiapkan tabel spesifikasi sebagai pedoan dala membuat soal-soal dalam penyusunan tes.


Evaluasi Pembelajaran






Tidak ada komentar:

Posting Komentar