Uji Kompetensi Guru Akan Kembali Digelar Tahun 2016

Uji Kompetensi Guru Akan Kembali Digelar Tahun 2016

Uji Kompetensi Guru Akan Kembali Digelar Tahun 2016

Uji kompetensi guru atau biasa disingkat dengan UKG adalah sebuah kegiatan ujian yang diselenggarakan oleh kemendikbud untuk mengukur tingkat keprofesionalan guru di bidang yang diampunya atau bidang sertifikasi yang dipilih. Untuk SD berarti bidangnya guru kelas sedangkan untuk SMP dan SMA sesuai dengan mapel yang diajar.

Uji kompetensi guru  ini wajib diikuti oleh semua guru yang ingin mendapatkan sertifikasi guru sebagai ujian tahap pertama yang kemudian dilanjutkan dengan pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) atau pendidikan profesi guru (PPG).

Materi uji kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan pribadi guru. Jika seorang guru ingin lulus proses UKG ini ia harus menguasai materi-materi UKG tersebut. Materi UKG bisa bapak-ibu guru dapatkan di berbagai website. Bapak dan ibu guru bisa mendownloadnya terlebih dahulu kemudian cetak materinya dan jadikan sebagai bahan belajar di rumah supaya bisa lulus UKG dengan nilai yang memuaskan.

Selain materi bapak dan ibu guru juga bisa mendownload kisi-kisi UKG sesuai dengan bidang yang anda inginkan. Contoh soal UKG juga ada bahkan dilengkapi dengan kunci jawabannya. Atau bapak - ibu guru bisa mencoba soal UKG online. Mudah bukan bapak-ibu?

Pada tahun 2016 ini pemerintah menganggarkan biaya sebesar 261 Milyar untuk mengadakan UKG. Biaya yang sangat besar ini digunakan untuk tujuan peningkatan mutu guru. UKG tahun 2016 akan diikuti oleh 2.949.110 orang guru. Baik guru PNS maupun yang non PNS. Guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik maupun yang belum. DI UKG  tahun ini guru harus mencapai nilai minimal 5,5. Jika tidak maka guru tersebut dinyatakan tidak lulus.  (http://news.liputan6.com/)

UKG akan dilaksanakan dengan melalui dua cara yaitu online dan offline. Kemendikbud sudah menyiapkan soal sebanyak 200 paket soal untuk 200 mapel program keahlian. Soal dikerjakan dalam waktu 120 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar